perantauan negri

          Balik lagi ke tanggal 1, balik lagi ke awal bulan, balik lagi ke catatan penting. catatan penting yang mencatat segala keperluan yang akan dipergunakan untuk bulan ini. catatan penting yang dituliskan dalam sebuah buku kecil (kayak badan saya), berwarna orange (kayak jeruk sunkist) dan isinya ga beraturan (kayak hati saya yang gapernah beraturan).
coba pikir, kenapa rata-rata anak perantauan sangat menantikan detik-detik pertukaran bulan. gausah sok mikir deh, udah jelas karna mereka (termasuk saya juga) sedang menantikan saat-saat dimana uang bulanan segera dikirim ke kartu gesek yang dengan nama lainnya dalah ATM.
          Untuk awal bulan kayak sekarang ini, mata anak perantauan mulai bening tak lagi buram. ngeliat makanan bejejer dikantin juga jadi suka ngerasa lapar terus, ngerasa kalo duit bukan persoalan. kenapa? karna duit kocek masih tebel dan gaperlu ngerogo sampe dalem sedalem-dalemnya. awal bulan emang paling ngangenin, apalagi buat kita anak perantauan negri. perantauan negri itu, anak perantauan yang orangtuanya hanya bekerja sebagai pegawai negeri (kayak saya). buat anak perantauan negeri, tanggal 1 bukan tanggal yang terlalu hebat. karna anak perantauan negeri belum bisa menerima kiriman tepat tanggal 1, tapi harus menunggu 2 atau 3 hari dulu untuk bisa menikmati betapa indahnya hidup diawal bulan.
          Sering kali temen suka salah kaprah sama sikap anak perantauan, mereka suka nganggep kalo kita (anak perantauan) itu sok. sok hemat, sok mandiri, sok nabung, padahal terkadang emang iya.
(+) sok hemat. kira-kira udah tepat ditanggal 15, temen sejurusan ngajakin makan di kedai. temen-temen pada doyan makan-makanan yang aneh, yang gapake nasi dan menurut saya itu akan menambah pengeluaran saya nantinya. seandainya saya ikut makan dengan mereka, otomatis saya akan bayar sendiri dengan uang saya. ditambah lagi perut saya yang susah buat diajak hidup susah. maunya diisi terus. meski udah keiisi sama asupan gizi dari makanan tanpa nasi, perut saya minta diisi lagi dengan nasi. pengeluaranpun jadi double.
(+) sok mandiri. waktu harus ngerjain tugas pribadi, otomatis harus ngerjain sendiri-sendiri. kalo udah jadi anak kuliahan, jangan coba-coba buat tugas yang sama kayak punya temen. malu dikatain plagiat. malu ! kalimat sok mandiri itu muncul saat saya harus pergi sendiri beli beberapa bahan praktikum. tempat untuk beli bahan itu cukup jauh dan bahan praktikum belinya kolektifan. karna takut dikata plagiat, saya beli sendiri bahannya dengan tenaga dan nyawa yang tersisa. sampai pada akhirnya saya dikata sok mandiri. anak perantauan jangan ga ngarepin bantuan orang, kita harus saling ngarep. ngarep cinta orang aja boleh, apalagi ngarep bantuan.
(+) sok nabung. saya punya barang yang sangat saya sanjung dikamar kost. bentuknya panjang (bukan seperti badan saya), warnanya merah (kayak wajah saya saat ketemu dia), kalo jatuh suaranya cempreng. itu kaleng yang dulunya berisi astor, berhubung astornya telah tiada kini kalengpun dialih fungsikan menjadi sebuah wadah dengan kegunaan yang baru. celengan. iya celengan kaleng.
dari pada harus ngeluarin duit buat beli celengan, mending pake daur ulang kaleng bekas. kalo saya punya duit sisa makan sekitar 3rb, 2rb, 500perak, 100perak, saya coba masukin kedalam kaleng. pernah tu kaleng udah keisi sampe 53rb, meski keisi cuma dengan uang recehan dan uang seribuan tapi dalam waktu tidak hampir sebulan tu kaleng udah keisi sampe segitu. tanggal semi tua pun datang, sekitar tanggal 20an keatas. duit di ATM tak lagi bisa diambil, dikantong cuma besisa uang 2ribu dan uang 500perak. dalam keadaan kayak gini yang sering buat bingung harus berbuat apa. akhirnya dengan isi kepala yang cerdik, saya bongkar celengan yang jumlahnya agak lumayan. isi celengan saya gunakan untuk makan hingga tanggal dibulan ini habis. sebenarnya, awal niat nabung itu duit mau digunain buat beli yang lain selain beli makanan. tapi apa daya, duit habis dan perut tak bisa diam selalu meringis.
          jadi anak perantauan itu susah-susah sulit. sebenarnya sulitnya datang pas udah mulai tanggal semi tua itu datang. duit mulai krisis. kalo udah kayak gini, kita (anak perantauan) bisa apa? cuma bisa berharap tanggal-tanggal ini bisa diskip sampe tanggal 1 muncul lagi.
selamat tanggal 1 buat semua anak perantauan :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar