apalah arti sebuah nama (?)

Banyak temen-temen sialan yang bilang kenapa nama saya mesti Annisa. Secara nama Annisa terdengar sudah sangat pasaran dan gak gawl banget. Oke, saya cuma bisa tersenyum tersipu malu ketika mendengar pertanyaan kurang kerjaan kayak gitu. Ya lagian apa pentingnya buat mereka harus tau kenapa nama saya begitu pasarannya didunia nyata dan bahkan dunia maya. Ada banyak penjelasan orangtua saya yang kenapa harus membuat nama saya menjadi Annisa.

Terjadi sepenggal pembicaraan antara saya dengan papa saya yang (alay) gawl .
saya : pa temen-temen pada tanya sama saya,kenapa nama saya Annisa. saya gak tau mau jawab apa pa.
papa : memangnya ada yang salah sama nama kamu?
saya : mereka bilang pasaran pa.
papa : mungkin mereka tidak beragama.
saya : kenapa gitu?
papa : namamukan bagian dari nama ayat Alquran.
(kemudian diam,kemudian bingung mau nanya apa,kemudian pergi)

Jelas sudah, nama saya itu nama islami. kenapa gak kepikiran, pantes aja banyak yang pakai. semua orangtua maunya punya anak yang sholeha. ya seenggaknya besok-besok kalo saya ditanyain temen-temen lagi udah punya senjata buat jawab.

keesokannya saya sedang berada diantara sekumpulan orang-orang dan tiba-tiba seorang mulai menanyakan hal yang dulu sudah pernah dia tanya.
teman : heh annisa , kenapa harus annisa ? hahha
saya : tenang , saya sudah tau jawabannya.
teman : ada sejarahnya juga ya?
saya : saya dilahirkan didunia dengan harapan kedua orangtua saya yang sangat besar dan saya terlahir dari keluarga yang beragama. keluarga saya beragama islam . nah Annisa itu merupakan nama ayat suci Alquran, yang berarti wanita. mungkin kalau saya bukan seorang wanita, nama saya bisa jadi Iman atau mungkin saja Imam.
Dengan sangat lantang, saya membuat semuanya terdiam. ada yang melongo kayak orang dongo, ada yang sampe ngiler, ada yang melotot. yang saya bingungkan, mereka terkejut dengan jawaban saya sangat bagus apa karna yang lain (?)
tiba-tiba ...
teman : terus kenapa kakak-kakak kamu ngga pake nama islami sama seperti kamu ?
saya : #jleb
sial ! bagian yang ini saya belum tanyakan sama orangtua. (saya terdiam,saya bingung mau jawab apa,kemudian pergi)

kalau dipikir-pikir bener juga, kenapa nama kakak-kakak saya tidak menggunakan nama islami sama seperti aku (?)
 kali ini saya mengajukan pertanyaan buat mama.
saya : ma nama kakak kenapa ga pake nama islami kayak aku sih?
mama : kemarin saat mama mau ngelahirin kakak kamu, papa sedang study ke irlandia. jadi pesan papa kalau nanti anak yang lahir laki-laki namanya Irlando, kalau perempuan Irlani.
saya : waktu saya lahir kan papa juga ada dipadang ma, kenapa nama saya ga dimodif kayak kakak?
mama : mau jadi apa kalau dimodif? padangki?
(kemudian diam,kemudian bingung mau nanya apa,kemudian pergi)

sedikit-sedikit saya tau sejarah nama dari keluarga. heran, kenapa masalah aja dipermasalahin sama banyak orang sih ?
lagian saya yang bego, jawab pertanyaan kayak gitu aja gugup.  yaudah buat besok-besok kalau ada lagi yang tanya hal yang sama, saya udah punya jawaban yang cukup membentengi .
teman : jadi kenapa harus Annisa ?
saya : baca Alquran gih, biar tau betapa menakjubkannya Annisa di mata Allah.
teman : terus kakak kamu ?
saya : cuma dengan itu satu-satunya cara untuk mengingat prestasi orangtua saya,karna dulu dia gapinter buat blog yang bisa dia pake buat menceritakan kisahnya. kalo soal buku diary, papa saya terlalu macho untuk hal begituan.
teman : (dia terdiam,dia bingung mau bilang apa,kemudian pergi)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar